Hindari Penuaan Dini dengan Makanan Sehat

Selasa, 07 Juli 2015 - 16:09 WIB
Hindari Penuaan Dini dengan Makanan Sehat
Hindari Penuaan Dini dengan Makanan Sehat
A A A
JAKARTA - Seiring bertambahnya usia, seseorang akan mengalami penuaan. Umumnya, penuaan dapat dilihat dari kondisi kulit, seperti keriput dan munculnya uban.

Namun selain faktor usia, penuaan terjadi karena dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi. Untuk menghindari penuaan dini, Anda perlu menjaga asupan makanan.

Berikut makanan yang membantu Anda menghindari penuaan dini yang dilansir dari Vebusbuzz.

1. Vitamin B12
B12 dipercaya dapat membantu mengatur metabolisme dan mendukung otak serta sistem saraf yang sehat. Namun, seseorang dengan usia 50-60 tahun mengalami penurunan kadar vitamin B12.

Cobalah untuk mengkonsumsi 3-4 ons protein setiap hari. Protein terdapat dalam seafood, daging tanpa lemak, dan makanan sereal. Jika Anda seorang vegetarian, Anda bisa makan sereal saat sarapan dan minta dokter untuk memberikan suplemen vitamin B12.

2.Serat
Diet tinggi serat dapat membantu menjaga pencernaan berjalan lancar. Wanita di atas 50 tahun perlu mendapatkan 21 gram serat baik, serat larut, dan tidak larut. Sementara pria membutuhkan 30 gram. Serat bisa di dapat dari biji-bijian dan sereal, buah, buahan, sayuran dan kacang-kacangan.

3. Kalium

Kalium sangat penting bagi tubuh. Asupan tinggi kalium juga berhubungan dengan tekanan darah rendah. Untuk mencukupi asupan kalium, Anda dapat mengonsumsi 7 atau lebih porsi buah-buahan dan sayuran segar setiap hari.

Pisang merupakan sumber kalium yang baik. Demikian juga dengan sayuran hijau gelap, seperti kentang dengan kulitnya, ubi jalar, kismis, melon, jeruk, tomat, dan kacang-kacangan.

4.Omega-3

Makanan dengan asam lemak omega-3 dapat menjadi salah satu cara untuk menjaga memori tetap tajam. Saat memasak, dianjurkan menggunakan minyak zaitun atau minyak conola. Omega-3 juga bisa mengonsumsi kacang walnut atau almond, salad, yoghurt, dan makan ikan salmon atau sarden dalam dua kali setiap minggu.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7024 seconds (0.1#10.140)